Powered By Blogger

Rabu, 23 Februari 2011

Teknik Rendering Grafik

Rendering merupakan salah satu tahapan terakhir pada objek / model dan animasi. Rendering tidak hanya digunakan pada game tapi juga sering digunakan untuk desain arsitektur, simulator, film atau spesial efek pada tanyangan televisi. Setiap bidang tadi mempunyai perbedaan dalam keseimbangan antara features dan teknik dalam rendering. Terkadang rendering diintegrasikan dengan model yang besar seperti paket animasi maupun yang berdiri sendiri.

Dalam bidang 3D rendering harus dilakukan secara cermat dan teliti. Maka dari itu terkadang dilakukan pre-rendering sebelumnya. pre-rendering adalah proses pengkomputeran secara intensif, yang biasanya digunakan untuk pembuatan film, menggunakan graphics card dan 3D hardware accelerator untuk penggunaan real time rendering.

Rendering merupakan sebuah proses untuk menghasilkan sebuah citra 2D dari data 3D yang bertujuan untuk memberikan visualisasi pada user mengenai data 3D tsb melalui monitor atau pencetak yang hanya dapat menampilkan data 2D.

Macam-macam metode rendering yang sering digunakan :
1. Wireframe Rendering
adalah objek 3D dideskripsikan sebagai objek tanpa permukaan. Pada wireframe rendering, sebuah objek dibentuk hanya terlihat garis-garis yang menggambarkan sisi-sisi edges dari sebuah objek.
2. Hidden Line Rendering
menggunakan fakta bahwa dalam sebuah objek terdapat permukaan yang tidak terlihat atau permukaan yang tertutup oleh permukaan lainnya. Dengan metode ini, sebuah objek masih direpresentasikan dengan garis-garis yang mewakili sisi dari objek, tapi beberapa garis tidak terlihat karena adanya permukaan yang menghalanginya.
3. Shadded Rendering
pada metode ini komputer diharuskan untuk melakukan berbagai perhitungan baik pencahayaan, karakteristik permukaan, shadow casting, dll.

Pembuatan Objek dengan Photoshop

Sebuah objek adalah sesuatu yang mempunyai keadaan, prilaku, dan identitas. Banyak cara untuk membuat objek, yang salah satunya dengan menggunakan adobe photoshop. Tehnik yang bisa saya lakukan sendiri dengan memotong gambar. Untuk seri photoshopnya dari yang lama pun sudah ada toolsnya.

Tehnik ini menggunakan tools berikut :
a. Marquee tool
Tool ini digunakan untuk menyeleksi gambar dengan bentuk yang sudah berpola.
b. Lasso tool.
Tool ini digunakan untuk menyeleksi gambar dengan pola menggambar dan membuat mask/layer baru. Lasso ini pun terbagi dalam 3 jenis.
c. Magic wand tool.
Tool ini digunakan untuk menyeleksi gambar dengan pola warna yang sama.
d. Pen tool.
Tool ini digunakan untuk menyeleksi gambar dengan pola menarik garis sesuai/mengikuti lekukan gambar atau untuk membuat garis. Tool ini juga dapat digunakan untuk membuat duplikat atau garis yang baru.
e. Corp tool
Tool ini digunakan untuk menyeleksi gambar dengan pola kotak dan langsung memotong gambar.

selamat mencoba !

Definisi Desain Pemodelan Grafik

Jika kita berbicara Desain Pemodelan Grafik maka tidak akan jauh terhadap pemotongan gambar, rotasi gambar, perbesaran skala dan lain sebagainya.


Translasi

Translasi adalah suatu pergerakkan / perpindahan semua titik dari objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati posisi baru.

Jalur yang direprestasikan oleh vector tersebut disebut translasi atau vector geser

Rotasi

Rotasi adalah mereposisi semua titik dari objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusat pada titik pivot.

X’ =X COS (O)-Y SIN (O)

Y’ =X SIN (O) +Y COS (O)

Skala
Penskalaan koordinat dimaksud untuk menggandakan setiap komponen yang ada pada objek secera scalar. Keseragaman penskalaran berarti skala yang digunakan sama untuk semua komponen objek.


Jika menurut pendapat saya desain pemodelan grafik adalah tata cara menbuat / merancang sebuah gambar baik itu 2D atau 3D yang dimulai dari sebuah titik dan garis yang dibentuk sedemikian hingga sehingga menjadi sebuah objek atau grafik yang bisa bergerak seperti keinginan kita. Desain Pemodelan Grafik juga merupakan bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.

Follower