Rendering merupakan salah satu tahapan terakhir pada objek / model dan animasi. Rendering tidak hanya digunakan pada game tapi juga sering digunakan untuk desain arsitektur, simulator, film atau spesial efek pada tanyangan televisi. Setiap bidang tadi mempunyai perbedaan dalam keseimbangan antara features dan teknik dalam rendering. Terkadang rendering diintegrasikan dengan model yang besar seperti paket animasi maupun yang berdiri sendiri.
Dalam bidang 3D rendering harus dilakukan secara cermat dan teliti. Maka dari itu terkadang dilakukan pre-rendering sebelumnya. pre-rendering adalah proses pengkomputeran secara intensif, yang biasanya digunakan untuk pembuatan film, menggunakan graphics card dan 3D hardware accelerator untuk penggunaan real time rendering.
Rendering merupakan sebuah proses untuk menghasilkan sebuah citra 2D dari data 3D yang bertujuan untuk memberikan visualisasi pada user mengenai data 3D tsb melalui monitor atau pencetak yang hanya dapat menampilkan data 2D.
Macam-macam metode rendering yang sering digunakan :
1. Wireframe Rendering
adalah objek 3D dideskripsikan sebagai objek tanpa permukaan. Pada wireframe rendering, sebuah objek dibentuk hanya terlihat garis-garis yang menggambarkan sisi-sisi edges dari sebuah objek.
2. Hidden Line Rendering
menggunakan fakta bahwa dalam sebuah objek terdapat permukaan yang tidak terlihat atau permukaan yang tertutup oleh permukaan lainnya. Dengan metode ini, sebuah objek masih direpresentasikan dengan garis-garis yang mewakili sisi dari objek, tapi beberapa garis tidak terlihat karena adanya permukaan yang menghalanginya.
3. Shadded Rendering
pada metode ini komputer diharuskan untuk melakukan berbagai perhitungan baik pencahayaan, karakteristik permukaan, shadow casting, dll.
Dalam bidang 3D rendering harus dilakukan secara cermat dan teliti. Maka dari itu terkadang dilakukan pre-rendering sebelumnya. pre-rendering adalah proses pengkomputeran secara intensif, yang biasanya digunakan untuk pembuatan film, menggunakan graphics card dan 3D hardware accelerator untuk penggunaan real time rendering.
Rendering merupakan sebuah proses untuk menghasilkan sebuah citra 2D dari data 3D yang bertujuan untuk memberikan visualisasi pada user mengenai data 3D tsb melalui monitor atau pencetak yang hanya dapat menampilkan data 2D.
Macam-macam metode rendering yang sering digunakan :
1. Wireframe Rendering
adalah objek 3D dideskripsikan sebagai objek tanpa permukaan. Pada wireframe rendering, sebuah objek dibentuk hanya terlihat garis-garis yang menggambarkan sisi-sisi edges dari sebuah objek.
2. Hidden Line Rendering
menggunakan fakta bahwa dalam sebuah objek terdapat permukaan yang tidak terlihat atau permukaan yang tertutup oleh permukaan lainnya. Dengan metode ini, sebuah objek masih direpresentasikan dengan garis-garis yang mewakili sisi dari objek, tapi beberapa garis tidak terlihat karena adanya permukaan yang menghalanginya.
3. Shadded Rendering
pada metode ini komputer diharuskan untuk melakukan berbagai perhitungan baik pencahayaan, karakteristik permukaan, shadow casting, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar