Powered By Blogger

Selasa, 04 Januari 2011

E-Commerce

Proses penjualan dan pembelian barang dan jasa secara elektronik yang menggunakan jaringan internet adalah definisi dari e-commerce.
Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari aplikasi bisnis ini :
  • menyediakan informasi yang lengkap dan jelas sehingga dapat mempertimbangkan hal yang akan dibeli.
  • menyediakan jasa pelayanan yang cepat dengan cara transfer sehingga dapat mengurangi biaya ongkos kirim.
  • memberikan rasa saling menghargai dengan cara berdiskusi.
Masalah yang ada pada e-commerce :
  • Penipuan dengan cara pencurian indentitas dan membohongi pelanggan.
  • Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
Secara ringkas e-commerce mampu menangani masalahberikut:
  • OTOMATISASI, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual.
  • INTEGRASI, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses.
  • PUBLIKASI, memberikan jasa promosi dankomunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan.
  • INTERAKSI, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”.
  • TRANSAKSI, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran.
Contoh beberapa perusahaan yang terkenal dengan bidang ini : eBay, Paypal, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follower